UPT PENDIDIKAN DASAR SUKUN

Wali Kota Buka Kembali Museum Bentoel

Leave a comment

Klojen, MC – Setelah sempat ditutup dalam enam bulan terakhir, akhirnya pada hari Kamis (31/10), museum Bentoel yang ada di Jalan Wiromargo 32 dibuka kembali oleh Wali Kota Malang, H. Mochamad Anton.

Sebagaimana diketahui, bahwa perusahaan rokok Bentoel, awalnya didirikan tahun 1925 oleh Ong Hok Liong, di Jalan Pecinan Kecil 32 atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Jalan Wiromargo 32.

Walikota Malang, H Moch Anton didampingi wamen perindustrian RI, Alex S.W Retraubun (kiri) dan Presdir Bentoel grup, Jason Murphy memotong pita sebagai tanda dibukanya kembali museum Bentoel

Walikota Malang, H Moch Anton didampingi wamen perindustrian RI, Alex S.W Retraubun (kiri) dan Presdir Bentoel grup, Jason Murphy memotong pita sebagai tanda dibukanya kembali museum Bentoel, Kamis (31/10)

Dalam perjalanannya, perusahaan rokok Bentoel ini berkembang pesat hingga menjadi rokok idola dan terbesar di Indonesia. Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Malang dan menjadi salah satu identitas kota ini. Dari perjalanan tersebut pasti ada sejarahnya, terutama mengenai rumah usaha di Jalan Pecinan Kecil 32, yang saat ini dikenal sebagai museum Bentoel.

Beberapa hal itulah yang disampaikan Wali Kota Malang, H. Moch. Anton sebelum meresmikan pembukaan kembali museum Bentoel tersebut.

Dibukanya kembali museum ini, kata dia, sejalan dengan visi misi Kota Malang untuk meningkatkan potensi budaya dan pariwisata.

“Sebagai kota pendidikan, keberadaan museum ini dapat dijadikan wahana edukasi dan rekreasi untuk memperoleh informasi serta pengetahuan,” jelas pria yang kerap disapa Abah Anton itu.

Sementara itu, presiden direktur Bentoel grup, Jason Murphy mengatakan jika ia merasa senang dan bangga bisa menjadi bagian dari warisan Malang dengan adanya museum ini.

“Disini banyak orang dari berbagai macam yang bisa membantu kami. Meski kondisi ekonomi seperti saat ini, kita harus tetap menghargai masa lalu atau sejarah agar sejarah ini bisa berkelanjutan,” ujarnya.

“Kami menghargai pendiri museum ini. Sejak 1930 banyak inovasi di museum ini. Tempat ini jangan dihancurkan, karena sangat banyak sejarah. Malang merupakan tempat yang spesial bagi kami sebagai pengusaha dan bagi pengusaha lain. Malang rumah kami, dan museum ini bagian warisan yang penting bagi kota yang indah ini,” sambung Jason.

Terpisah, Wakil Menteri Perindustrian RI, Alex S W Retraubun mengatakan jika industri rokok di Indonesia tumbuh dan berkembang luar biasa.

“Industri rokok merupakan industri padat karya yang harus terus dijaga dan ditingkatkan, karena menyangkut nasib banyak orang, yaitu karyawan rokok itu sendiri. Bagi industri padat karya yang maju, nantinya akan ada insentif dari kementerian,” ungkapnya. (say/dmb)

Author: uptsukun

PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Sukun Jl. Rajawali 2 Malang No. Telepon (0341) - 364306 Email : uptsukun@ymail.com Website : www.uptsukun.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s